CARA MEMBUAT ALAT TANAM PUPUK GRANUL

Melelahkan juga ketika seharian kita harus membungkuk untuk meletakkan benih saat menanam jagung secara tradisional maupun ketika sedang menanam pupuk NPK ke dalam tugalan lubang pupuk yang telah kita buat. Apalagi pekerjaan ini kita lakukan saat musim tanam pertamakali setelah lama kita tidak melakukannya, atau bahkan dilakukan oleh seorang pemula yang belum terbiasa melakukan pekerjaan ini sama sekali. Disamping pekerjaan ini memang tidaklah mudah, tetapi banyak perasaan tidak nyaman terjadi pada diri kita, misalnya kepala pusing, mual dan ingin muntah ,capek dan pinggang terasa pegal bahkan malam hari kita akan susah tidur karena pinggang kita terasa sakit dan bengkok.
Itulah sebabnya para petani yang sudah tergolong maju kegiatan ini sudah tidak lagi dilakukan oleh manusia secara manual, tetapi sudah menggunakan mesin-mesin modern dalam mengelola pertaniannya, sejak dari pembajakan tanah, menanam , memelihara , panen bahkan pengelolaan pasca panen. Semuanya sudah dilakukan dengan menggunakan mesin modern ataupun robot pertanian, tetapi lain halnya dengan para petani tradisional seperti di negara kita ini.
Pada era globalisasi sepertisekarang ini kita tahu banyak sekali alat-alat atau mesin pertanian yang sudah bisa diaplikasikan untuk lahan pertanian mereka, bahkan produk-produk alat pertanian modern dewasa ini sudah dapat diakses secara mudah dengan informasi yang sangat lengkap mulai dari harga, cara kerja dan bahkan spesifikasi nya,baik dalam bentuk gambar image ataupun dalam bentuk visual seperti video. Itu semua tentu akan memudahkan para petani modern untuk dapat memenuhi kebutuahan mesin pertanian mereka.
Tatapi lain halnya bagi para petani tradisional yang hidupnya ditepi hutan, yang lahan pertaniaanya berpindah-pindah dan hanya mengelola lahan perhutani untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.Tentu hal ini hanya mimpi yang susah untuk diwujudkannya, apalagi peralatan modern yang ada saat ini harganya masih cukup mahal dan belum terjangkau oleh para petani kecil bahkan oleh para petani menengah sekalipun. Atau karena letak dan kondisi tanah pertanian kita yang berbeda sehingga tidak memungkinkan menggunakan peralatan-peralatan modern yang ada di tempat lain atau dari negara lain.
Nah berikut ini saya sajikan sebuah alat tanam pupuk granul sederhana ,sangat murah, dan mudah sekali cara pembuatannya.

Demikian selamat berkreasitaju
Good luck

Bahan :
T ¾” : 2 buah
Kni ¾” : 1 buah
Pvc 1” : secukupnya
Pvc3/4” : secukupnya
Dof ¾ : 1 buah
Pvc ½” : 15 Cm
Per (pegas)
Botol bekas herbisida
Kawat untuk tarikan secukupnya

Cara membuat :
1. Sambungkan semua bahan seperti gambar disamping, gunakan pvc 1” sebagai   sambungan (sok),
2. Potong botol herbisida bagian bawahnya sebagai corong tempat memasukkan pupuk granul,
3. Pada bagian klep pengaturan keluaran pupuk, gunakan pvc ½” dan dilubangi bagian sisinya,
Berikan penutup/ penahan untuk tarikan kawat
4. Tambahkan pvc sesuai ukuran yang dikehendaki..

Detail bagian pengaturan keluaran pupuk :

Alat tanam pupuk

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s